Bocoran Contoh Soal Tes Psikotes Kerja

Bocoran Contoh Soal Tes Psikotes Kerja


TES PSIKOTES
Beberapa contoh soal tes psikotes kerja dapat digunakan sebagai persiapan menghadapi tes uji masuk kerja. Tes-tes semacam ini adalah serangkaian langkah penting dalam memetakan kedudukan karyawan pada sebuah perusahaan. Selain itu, juga dapat digunakan untuk melihat kemampuan seseorang baik secara intelegensi, emosional maupun spiritual yang menyangkut tugas-tugasnya kelak. Tak heran, jika bagi sebagian orang, psikotes menjadi ‘hantu’. 

Padahal, sesungguhnya mengerjakan soal psikotes tak se-mengerikan yang dibayangkan lho. asalkan, Anda tau trik-trik jitu dalam menjawab setiap soal-soal tersebut. Nah, untuk itu, beberapa contoh soal psikotes berikut dapat Anda jadikan bekal belajar sebelum menghadapi soal tes psikotes yang susungguhnya. 

Tes Kemampuan Verbal

CONTOH TES VERBAL

Hampir pada setiap tes psikotes terdapat tes kemampuan verbal, yang meliputi sinonim,antonim, analogi dan korelasi. Semua itu sebenarnya sudah pernah dipelajari saat Sekolah Mengah Atas. Anda hanya perlu mengulang memori saja. Dan, tes ini juga umumnya tak begitu sulit untuk ditaklukkan. Anda hanya perlu teliti saat membaca intruksi pada soal, dan menjawab dengan tepat. Tips jitu dalam memecahkan soal tes kemampuan verbal adalah dengan menambah perbendaharaan kata-kata. Selain itu, Anda juga harus memahami arti dari tiap kata dengan baik.

Tes Kemampuan Angka atau Logika Aritmatika


Tes kemampuan angka atau logika aritmatika atau juga disebut juga dengan deret angka. Nah, tes ini melibatkan segala macam bentuk penghitungan angka, mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian hingga menghitung prosentase pada bilangan atau angka.  Seperti pada tujuannya, tes aritmatika membutuhkan ketelitian dan akurasi. Tips dalam mengerjakan soal-soal aritmatika adalah pelajari polanya. Pada soal aritmatika, Anda akan disuguhkan dengan deretan angka dengan pola tertentu, apakan hasil kali, penambahan dengan angka tertentu, atau pengelompokkan angka tertentu. 

Tes Matematika

Serupa tapi tak sama, antara tes aritmatika dan tes matematika sama-sama melibatkan angka-angka didalamnya. Namun demikian, dalam memecahkan jawabannya dibutuhkan caranya sendiri. Tak sesederhana tes logika aritmatika, pada tes logika matematika Anda membutuhkan pemikiran ekstra dan selembar kertas corat-coret untung menghitung. Adanya tes logika aritmatika ditujukan untuk mengetahui kemambuan intelegnsi seseorang. Nah, semakin tinggi jabatan yang Anda tuju, tentu soalnya juga akan lebih kompleks. 

Hampir menyerupai soal matematika tematik. Jadi, Anda membutuhkan ketelitian dan logika penalaran yang fasih. Untuk lebih detailnya, Anda dapat mencari-cari ilmu dari beberapa contoh soal tes psikotes kerja yang beredar banyak di internet. 

Tes Logika Penalaran

Hampir sama dengan tes logika aritmatika, hanya saja yang ini dengan menggunakan gambar. Jadi Anda akan disuguhkan sederetan gambar yang serupa namun juga tak sama. Sehingga Anda harus sangat berhati-hati dan teliti. Umumnya, tes ini diberikan dengan jumlah soal yang banyak. Nah, mengingat waktu yang diberikan terbatas, maka Anda juga harus pandai-pandai menggunakan waktu Anda. jika dirasa membingungkan, segera lompati. Dan lanjut ke soal berikutnya. 

Tes Koran


Terdiri dari tes pauli dan kraeplin, tes koran merupakan tes hitung sederhana. Anda hanya perlu menghitung sederetan angka yang tersusun seperti pada koran. Namun, karena angka-angkanya sangat banyak maka dibutuhkan kesabaran, ketelitian, konsistensi dan manajemen waktu. 

Tes Wartegg


Contoh soal tes psikotes kerja berikutnya adalah Tes Wartegg, dengan 2 huruf G di akhir ya. ini merunut pada penemu tes ini yaitu Ehrig Wartegg, seorang ahli psikologi dari Jerman. Dalam tes ini, Anda akan diberikan sebuah kertas yang telah digambar pola-pola tertentu. Nah, tugas Anda hanyalah melanjutkan pola tersebut menjadi sebuah gambar. Yang nantinya akan di nilai adalah pola yang Anda bentuk menjadi sebuah gambar. Ini akan menginterpretasikan kemampuan, kesabaran, karakter, keuletan dan lain sebagainya. 

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan bagaimana contoh soal tes psikologi kerja?

Berlangganan Info Loker terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel