Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Email Untuk Daftar Kerja

Cara membuat email menggunakan Hp smartphone, email sangat penting untuk keperluan surat menyurat melalui internet baik untuk membuat lamaran kerja maupun untuk mendaftar akun media sosial.

Kali ini saya akan membagikan cara membuat email via HP smartphone untuk membuat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Cara membuat email yang baik dan benar lebih baik menggunakan penyedia email di Gmail karena sudah ter dukungnya di HP smartphone Android dan menggunakannya juga sangat mudah. Hal yang baik sebelum anda membuat email sebaiknya persiapkan dulu konektivitas internet yang baik dan lancar serta terdukung nya hp smartphone dan kartu identitas atau kartu tanda penduduk yang anda miliki untuk membuat email dengan data diri sebenar-benarnya karena ini berfungsi untuk memverifikasi akun Anda benar-benar asli agar mudah saat melakukan pendaftaran email di Gmail dan mendaftar pekerjaan via email.


Hal yang perlu Anda ketahui sebelum membuat Email adalah menyiapkan nomor handphone yang utama dari HP anda agar ketika email anda terkunci atau lupa sandi Anda bisa memperbaikinya dengan mudah.
Cara Membuat Email Untuk Daftar Kerja
  • ·         Buka Website Gmail

Langsung saja hal yang pertama adalah Anda membuka aplikasi Google Chrome di HP Smartphone anda dan langsung mengetikkan gmail.com di browser anda setelah masuk alamat email anda diharuskan mengisi formulir pendaftaran email baru ketikkan atau isi data diri Anda dengan sebenar-benarnya dan yang asli baik dari nama lengkap sampai nomor handphone anda.
  • ·         Isi Data Diri nama dengan benar

Pertama Anda akan mengisi nama lengkap yaitu nama depan dan nama belakang.
  • ·         Membuat alamat email atau nama pengguna yang mudah dikenali dan tersedia

 setelah itu Anda akan disuruh mengisi pilih nama pengguna Anda atau alamat email anda sebaiknya alamat email anda itu berupa nama lengkap Anda disertai dengan nomor contohnya DadangSudrajat378@gmail.com hal ini berfungsi ketika anda mendaftar lamaran kerja via email agar HRD bisa mengetahui bahwa alamat email yang anda Kirimkan bersama dengan lamaran pekerjaan adalah akun yang asli maka dari itu harus membuat nama pengguna Anda menggunakan nama anda disertai dengan nomor dengan benar.
  • ·         Membuat Kata Sandi Email Yang Kuat dan Aman

selalu membuat kata sandi kata sandi yang baik adalah kata sandi yang menggunakan huruf besar disertai Huruf kecil dan disisipkan angka serta mempunyai kepanjangan 8 karakter ini berfungsi agar kata sandi email anda cukup kuat dan sulit untuk diretas oleh orang lain, Lebih baik anda jangan memberitahu alamat email anda maupun kata sandi gmaill Anda kepada orang lain agar tidak digunakan untuk hal yang tidak baik maupun tindak kejahatan. lalu masukkan konfirmasi kata sandi Anda atau ketik ulang sandi Anda yang ditulis tadi.
  • ·         Simpan Nama Pengguna Dan Kata Sandi Tulis DiKertas

sebaiknya Anda menulis alamat email anda dan kata sandi Anda di secarik kertas untuk menyimpannya apabila anda lupa ketika login email di Gmail walaupun terlihat sepele namun ini hal yang sangat penting agar anda tidak lupa saat membuka email Gmail kembali.


  • ·         Masukan Tanggal Lahir Anda

lalu masukkan tanggal lahir anda baik berupa tanggal, bulan maupun tahun lahir Anda sesuai dengan kartu identitas atau kartu tanda penduduk yang anda miliki.
  • ·         Pilih Jenis Kelamin

 serta memasukan jenis kelamin Anda baik laki-laki maupun perempuan.
  • ·         Verifikasi Nomor Handphone

 selanjutnya Anda diminta untuk memasukkan nomor ponsel atau nomor handphone anda yang utama agar Google bisa memverifikasi akun Anda bahwa yang membuat Email adalah pemilik kartu identitas yang anda miliki setelah itu Anda memasukan lokasi negara Anda yaitu negara Indonesia lalu klik lanjutkan dan anda akan menerima sms atau nomor verifikasi pin dari Google setelah itu Anda Buka SMS tersebut dan masukkan kode digit angka ke dalam formulir email anda untuk memverifikasi akun Anda telah aktif.
  • ·         Mengganti Foto Profil Email

 selanjutnya adalah anda mengganti foto profil email menggunakan foto yang formal untuk mendaftar pekerjaan melalui email Hal ini bertujuan ketika HRD  membuka aplikasi lamaran email anda, akan melihat bahwa akun Anda disertai dengan foto yang formal.

Itulah beberapa cara membuat email melalui Gmail menggunakan HP smartphone dengan baik dan benar agar dapat digunakan untuk mendaftar pekerjaan melalui email.