Tips Lolos Tes Interview Kerja

Tips lolos test interview kerja

Tips lolos test interview kerja

Tahapan test interview kerja biasanya dilaksanakan setelah test psikotest atau test pemahaman dasar materi, namun ada juga perusahaan yang melakukan test interview diawal atai interview user terlebih dahulu untuk menentukan lanjut tidaknya calon tenaga kerja lanjut ke test psikotes.

Tahapan Proses Recruitment 

Secara umumnya banyak perusahaan yang melakukan recruitment penerimaan karyawan baru melalu beberapa tahap, yaitu tahap cek berkas calon tenaga kerja lalu lanjut test psikotes, tes interview, tes kesehatan atau medical check up, orientasi karyawan baru, training karyawan baru. Hal ini bertujuan agar perusahaan mendaptkan calon tenaga kerja atau karyawan yang mampu benar benar siap bekerja dan memenuhi kriteria yang dibutuhkan perusahaan. 

Tes Interview atau tes wawancara

Tes interview adalah tes dimana calon tenaga kerja di wawancarai langsung oleh HRD recruitment perusahaan untuk mencari tahu seberapa siap calon tenaga kerja tersebut untuk bekerja. Untuk tahapan tes interview perusahaan biasanya dilakukan setelah tes psikotes diawal, agar HRD dapat melihat nilai grafik dari hasil tes psikotes yang akan dituangkan atau ditanyakan melalui tes interview, namun kebanyakan HRD lebih menanyakan biodata data diri dan kesanggupan bekerja di perusahaan tersebut.

Berkas Yang Dibawa Saat Interview

Berkas yang dibawa saat interview juga sangat penting karena akan dicek kelengkapannya mula dari surat lamaran pekerjaan atau cv daftar riwayat hidup, kartu identitas atau kartu tanda penduduk, surat pencari kerja atau kartu kuning, serta berkas ijazah, surat keterangan lulus atau SKHUN, transkrip nilai atau nilai raport, surat berkelakuan baik SKCK, kartu keluarga, akte kelahiran maupun surat pengalaman kerja atau paklaring jika ada, dilengkapi juga pas photo. Berkas tersebut akan dinilai dan ditanyakan oleh HRD saat tes wawancara, hal ini bertujuan untuk mengecek apakah anda tipe orang yang rajin karena dinilai dari kelengkapan berkas dan keaslianya, jadi jangan menyepelekan berkas berkas lamaran aplikasi pekerjaan anda sebelum mengikuti tes interview perusahaan.

Berikut sedikit tips yang penting saat mengikuti tes interview pekerjaan :

Jika anda telah mendaftar kerja melalui email, lewat bkk maupun yayasan penyalur kerja yang ditunjuk dari perusahaan untuk melakukan proses recruitment, anda akan menerima jadwal proses seleksi tes, disini Anda harus aktif mencari tahu informasi jadwal seleksi tes perusahaan yang Anda daftar. Agar tidak terjadi kesalahan yang dapat mengakibatkan tidak bisa mengikuti proses recruitment perusahaan, karena Ini hal yang sangat fatal, jadi anda harus sering mengecek handphone untuk informasi seleksi jika nomor handphone anda digunakan untuk mendafar atau datang langsung untuk menanyakan ke bursa kerja khusus atau ke yayasan terkait untuk melihat jadwal tes. 


Aktif dalam mencari informasi

Disini anda dituntut untuk aktif mencari informasi tersebut. Karena mau bagaimana pun mencari kerja itu butuh perjuangan. Setelah anda mendapat informasi jadwal seleksi, sebaiknya Anda mencatat jadwal tersebut Agar mudah diingat. 

Cek Berkas Atau Administrasi Dan Psikotes

Proses seleksi yang pertama biasanya tahapan cek berkas dan tes kemampuan diri atau psikotes, tes ini cukup mudah jika anda terbiasa dengan hal hal yang sepele dan mampu untuk mengerjakan nya, karena soal soal yang diujikan dalam tes psikotes hanya berisi kemampuan dasar namun mempunyai nilai yang tinggi. Seperti matematika dasar maupun tes logika pemikiran. 

Tahap Tes Interview

Jika anda lolos dalam tes psikotes biasanya anda akan langsung ke tahap berikutnya yaitu tes interview perusahaan, untuk tahap ini setiap perusahaan berbeda beda, karena ada yang satu jadwal sekaligus atau satu hari sekaligus ataupun dilanjutkan dilain hari untuk tes interview. Perlu diketahui jika tahapan tes interview dilakukan dalam satu hari dengan tes psikotes ini cukup meringankan Karena tidak menguras waktu. Namun jika dilakukan keesokan harinya ini dapat menguji tingkat kesabaran anda, anda harus mencatat jadwal tes interview tersebut pastikan tanggal hari dan jam anda mengikuti tes interview dicatat atau diingat dengan benar.

Datang Lebih Awal Saat Tes Interview

Datang lebih awal dalam tes interview perusahaan itu lebih baik, karena yang dinilai dari HRD adalah seberapa anda disiplin waktu ketika mengikuti tes tersebut bahkan ada beberapa perusahaan yang mewajibkan pendaftar kerja untuk menulis jam kedatangan di pos security perusahaan tersebut. Jadi bisa dibedakan antara tepat waktu dan disiplin waktu, tepat waktu adalah ketika anda datang dijam yang ditentukan misal Anda diwajibkan datang di jam 07.00 pagi, Dan anda datang pada jam tersebut, jadi Tidak adanya kesiapan dan persiapan sebelum mengikuti tes interview, apalagi jika terkendala jarak yang jauh dan susahnya transportasi karena banyak perusahaan yang tidak diperkenankan pendaftar membawa kendaraan ke perusahaan. Berbeda jika anda datang dengan disiplin waktu, misal 07.00 jadwal tes interview, anda sudah datang jam 06.30 jadi anda punya persiapan dan tidak gugup saat mengikuti tes interview. Karena ini point penting yang akan dinilai HRD.

Berpakaian Yang Rapi

Datang dengan berpakaian rapi alangkah baiknya menggunakan celana bahan dan kemeja putih, namun ada juga perusahaan yang mewajibkan pendaftar mengenakan pakaian bebas rapi. Mengenakan Sepatu hitam lebih baik. Rambut rapi serta pakaian yang tidak kusut. Karena anda akan dinilai dari segi penampilan.

Mengikuti Arahan

Mengikuti arahan yang ditunjukan oleh tim penyeleksi dengan baik. Hafalkan ruangan tes interview dan nomor tes anda.


Hal yang dilakukan saat Tes Interview Berlangsung

  • Sebelum memasuki ruangan sebaikanya anda mengucapakan salam dan tersenyum agar menjadi nilai lebih untuk anda. 
  • Jangan duduk sebelum dipersilakan, namun jika tidak kunjung dipersilakan sebaiknya anda meminta ijin untuk duduk dengan kata kata yang sopan. 
  • Siapkan berkas selengkap mungkin, bawa berkas asli atau fotocopy yang telah dilegalisir itu lebih baik karena akan dicek keaslian data diri anda. 
  • Duduk dengan tegap dan tidak bersandar agar anda terlihat serius dan siap untuk diwawancarai.
  • Gunakan bahasa yang sopan dan formal jangan sampai anda menggunakan bahasa gaul atau bahasa sehari hari yang dapat mengurangi nilai anda. 
  • Jawablah setiap pertanyaan dengan tegas jelas namun tetap tersenyum.
  • Lihatlah orang yang sedang mewawancarai anda, namun jika anda merasa canggung, lihatlah dagu pewawancara tersebut karena setiap orang bertanya pasti ingin ditanggapi dan dilihat Dengan serius.
  • Anda akan ditanya seputar bidoata, keluarga, hobi, dan sekolah, namun jika anda pernah bekerja ditempat lain sebelum nya, akan ditanyakan juga, jadi persiapkan baik baik dan ingat hal hal penting ketika anda bekerja ditempat sebelumnya, atau bisa ceritakan hal hal baik dalam bekerja seperti kaizen atau ide perbaikan, serta k3. 
  • Jika anda ditanya gaji, pastikan anda menjawab sesuai dengan umr atau upah minimum regional, dan standar yang ditentukan oleh perusahaan. 
  • Anda harus meyakinkan pewawancara bahwa anda siap bekerja baik terkena shift maupun siap mengikuti lembur atau over time, serta mampu menjalankan peraturan yang dikeluarkan oleh perusahaan. 
  • Ceritakan kelebihan anda, semisal mampu bergaul dengan orang lain, karena hal ini akan jadi acuan bahwa anda mampu bekerja dengan team. Jujur ulet dan tanggung jawab terhadap  pekerjaan. 
  • Untuk kelemahan dalam diri anda sebaiknya hindari kata pelupa, karena HRD menilai setiap orang pasti punya sifat pelupa. Pastikan memberi jawaban dengan sifat yang bagus semisal memaksakan kehendak dalam bekerja, dan jelaskan bahwa anda memaksakan kehendak dalam bekerja untuk menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai. Jadi anda akan dinilai tanggung jawab dalam bekerja. 



    Point penting lolos dalam tes interview adalah jual diri anda atau promosi kan diri anda sebaik baiknya agar meyakinkan bahwa anda benar benar butuh pekerjaan dan siap untuk bekerja. 

    Berlangganan Info Loker Gratis :