Pengalaman Seleksi Loker CMPDP TICMI Bursa Efek Indonesia

Baca Juga


Heyooo semuanyaaaa... tulisan ini saya buat karena setelah saya browsing-browsing di dukun kesayangan kita bersama alias mbah google, cerita tentang CMPDP jarang sekali ditemukan. Yah ada, tapi hanya sekitar 1 atau 2. Untuk itulah saya tergerak untuk menuliskan seluk beluk CMPDP ini. Namun, sebelum saya lanjutkan saya ingin mengatakan bahwa saya sendiri tidak lolos di tes ini, jadi seperti biasa saya akan menuliskan pengalaman saya biar teman-teman ada sedikit gambaran bagaimana sih seleksi program bergengsi The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) yang satu ini.


Jadi Program Capital Market Professional Development Program (CMPDP) ini saya ketahui melalui situs Jobstreet. Awalnya saya pikir ini adalah lowongan dari Bursa Efek Indonesia (BEI), namun setelah saya tanya-tanya ke teman dan melancong ke situs TICMI ternyata CMPDP ini adalah sebuah program. Menurut saya kalau di perusahaan mungkin CMPDP ini semacam Management Trainee atau di bank semcam ODP gitu yah. So, karena batas pendaftarannya masih sempat (H-2 penutupan) saya langsung cus daftar di situs TICMI.


Tujuan dari adanya CMPDP ini singkatnya adalah untuk melatih peserta untuk menjadi profesional di bidang pasar modal kemudian akan dipekerjakan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kliring Penjamin Efek Indonesia (KPEI), maupun Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Ini cocok buat kalian yang sewaktu kuliah suka main-main ke pojok BEI kampus atau yang bahkan sudah menabung saham. Kalau yang gak ada gambaran menurut saya mundur aja deh yaa dari pada kleper waktu tes hahaha.

Di situs pendaftarannya kita gak diribetin, tapi yang harus dipersiapkan adalah CV dan sebuah video yang diunggah di youtube. Link video ini kemudian akan kalian sisipkan di form pendaftaran online ini.

Isi videonya apa sih? Nah ini nih yang menarik. Karena saya sendiri pun baru pernah melamar dan disuruh unggah video perkenalan  Mungkin hal ini akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan, jadi mau tidak mau harus dibuat. Videonya berisi seputar perkenalan diri kita dan alasan kenapa kita ingin bergabung di CMPDP.


Jarak waktu antara seleksi online dan tes tertulis adalah sekitar 1 minggu. Pengumumannya langsung dipampang di situs TICMI, di email kita, serta di SMS.

Setelah browsing-browsing seperti biasanya. Saya mempelajari beberapa materi seperti pengertian masing-masing instrumen pasar modal, badan-badan yang terkait pasar modal, cara hitung-hitungan saham, analisis teknikal dan fundamental laporan keuangan, serta tugas BEI, KSEI dan KPEI.
And well, semuanya keluar di kertas soal pada hari H ditambah lagi soal-soal seperti hukum permintaan dan penawaran, kebijakan moneter, dll (kalau ini alhamdulillah agak paham karena eks. Mahasiswa Jurusan Akuntansi).


Oya sekedar info, tes yang saya ikuti langsung diselenggarakan di BEI perwakilan Ambon. Jumlah pesertanya hanya sekitar 15 orang. Namun tesnya diselenggarakan serentak seluruh Indonesia. Bagi kalian yang memilih lokasi tes jakarta mungkin akan langsung tes di TICMI atau BEI Jakarta.

Setelah kurang lebih satu minggu saya mendapat email notifikasi bahwa saya lolos ke tahap berikutnya yaitu Tes Psikologi. Nah tahap ini juga nih yang saya agak terngoh-ngeh karena baru pernah psikotest yang saya ikuti menggunakan metode online. Jadi kalau biasanya tes psiko bikin tangan gempor karena tes koran dll, tes kali ini kita hanya duduk santai depan komputer dan klik-klik doang. Dan yang lebih terngoh lagi sisa peserta di tahap ini HANYA 2 ORANG, termasuk saya hahahaha. Hidup ini kejam yah guys, buat kalian yang gak lolos semangat selalu, jangan putus asa 

Psikotest online ini juga diadakan serentak seluruh indonesia. Jadi dimulainya jam 10.30 WIT (8.30 untuk daerah WIB, dan 9.30 untuk daerah WITA).  Disini TICMI bekerja sama dengan pihak ketiga yaitu First Asia Consultant.

Psikotest Online First Asia Consultant ini menurut saya cukup zuzahhh. Zeriuz  selain karena tidak ada peringatan waktu. Soal tesnya juga agak berbeda dengan yang biasanya saya ikuti. Yang saya ingat bentuk soalnya:
1. Urutan gambar
2. Melengkapi gambar
3. Soal cerita (ada satu soal dan 5 pertanyaan)
4. Analogi gambar
5. Tes kepribadian (Setuju, Kurang Setuju, Sangat Setuju, dan Netral)


Setelah natap layar komputer kelamaan saya langsung speechless sesaat hahaha  dan saya gugur di tahap ini, mungkin karena kemarin ada beberapa soal yang otomatis di skip sistem karena kehabisan waktu (sekali lagi tidak ada peringatan waktu di test psikologi online ini).

Selain itu saya juga mikir, kalaupun lolos saya tidak akan berangkat ke Jakarta untuk FGD dan Wawancara karena kedua tahap itu mengharuskan peserta untuk langsung ke kantor pusat BEI. Selain ngantor, waktunya juga dekat lebaran, dan saya juga lagi kere-kerenya. Bayangin saja tiket bolak-balik Ambon-Jakarta bisa 2jtan kalau dekat lebaran, balik pun seharga demikian. Belum lagi ditambah ongkos, makan, dan nginap hahahaha. And well saya gak mau minta duit di ortu B) *independent girl* (meskipun alasan kegagalan saya di tahap ini saya pikir karena bentuk soalnya yang susah, alasan lain yang mungkin sudah dipikirkan pihak TICMI adalah alasan ongkos itu kali ya, jadi saya gak dilolosin. Wkwkwk yaa.. who knows )

Sorry buat kalian yang baca tulisan ini dari awal dan berharap ada tips lolos CMPDP saya gak akan jelasin. Karena saya hanya share saja pengalaman yang sudah terjadi huakakak.

Tenkyu sudah baca. Semangat buat kalian, para jobseeker

Berlangganan Info Loker Gratis :