Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cepat Daftar Kerja Lewat JOB FAIR

Keuntungan Ikut Job Fair adalah LOVE

Cara Cepat Daftar Kerja Lewat JOB FAIR

Sudah tahu belum, apa saja sih keuntungan ikut job fair? Sebenarnya ada banyak lho. jadi, Job fair seringkali digelar beberapa saat setelah masa wisuda di gelar. 
Biasanya, diadakan di kampus-kampus besar untuk menyalurkan para sarjana ke perusahaan-perusahaan atau instansi tertentu yang sedang membutuhkan karyawan baru. 

Selain kampus, Job fair juga biasa dihelat oleh beberapa perusahaan pencari kerja yang bekerja sama dengan suatu perusahaan lain guna memenuhi kebutuhan tenaga karyawan. 

Sebelum mengikuti job fair, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Pertama, Anda harus membekali diri dengan informasi yang lengkap dan valid. 

Apakah job fair tersebut diadakan secara gratis atau berbayar? Apakah harus ada syarat dan ketentuan tertentu untuk dapat mengkikuti job fair tersebut? 
 
Selain itu, hal-hal yang perlu dipersiapkan adalah dokumen-dokumen lengkap guna melakukan lamaran kerja. Ingat, lakukan verivikasi terlebih dahulu. 

Perusahaan apa saja yang Anda incar dan posisi apa yang ingin Anda raih. Kemudian, pastikan dokumen Anda lengkap dan resmi, dengan adanya stamp legalisir. 
Siapkan beberapa dokumen cadangan yang telah di fotocopy, yang juga lengkap dengan legalisirnya. 

Satu berkas untuk satu perusahaan saja ya. lalu, apa sih keuntungan ikut job fair? LOVE. Bukan, Bukan Love, tapi LOVE. Yaitu Low cost, Opportunity, Variative dan Effective.

Low Cost

Dalam satu job fair, biasanya di ikuti oleh banyak perusahaan. Bahkan bisa sampai puluhan perusahaan dengan kebutuhan tenaga kerja masing-masing. Nah, bayangkan saja apabila Anda harus mendatangi perusahaan-perusahaan tersebut satu per satu, tentu akan ada banyak lembaran rupiah yang harus Anda keluarkan dari dompet, bukan? 

Berbeda dengan mendatangi Job fair. Anda hanya perlu mendatangi satu tempat saja, sudah dapat mengajukan beberapa lamaran pekerjaan sekaligus. Meskipun beberapa job fair diadakan dengan uang pendaftaran, namun tentu ini masih tetap lebih terjangkau, jika dibandingkan dengan harus pergi dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. 

Opportunity

Kesempatan kerja dalam Job fair pasti terbuka lebar, ini sudah tak usah diragukan lagi. Selain itu, ada banyak kesempatak lain yang dapat Anda peroleh dengan mengikuti Job Fair. Seperti memperluas relasi maupun jaringan. 

Disana, Anda dapat berkenalan dengan para pencari kerja lain sambil bertukar informasi. selain itu, Anda juga dapat mengetahui perusahaan-perusahaan yang baru Anda kenal. Ini adalah informasi lain yang sangat berharga lho!

Variative

Sebelum datang ke suatu Job fair, salah satu hal yang harus Anda cari Informasinya adalah perusahaan apa saja ya yang ikut serta dalam job fair ini. Disana Anda akan mengetahui berbagai macam kandidat perusahaan yang mungkin saja menarik minat Anda. 

bayangkan saja, dalam sehari Anda dapat melakukan lamaran pekerjaan ke beberapa perusahaan sekaligus, lho. ini kan seperti pepatah, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, iya kan? 

Selain beragam perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, Anda juga memiliki kesempatan untuk mencoba peruntungan dalam menduduki posisi-posisi tertentu. 
Mungkin, di perusahaan A Anda melamar untuk posisi ini, dan pada perusahaan B Anda melamar untuk posisi itu. Dan lain sebagainya. 

Effective

Keuntungan ikut job fair lainnya adalah effective. Jika biasanya dalam acara lamaran kerja yang biasa, Anda harus mengirimkan surat lamaran pekerjaan dan CV saja. 

Dan kemudian menunggu beberapa waktu untuk dapat lolos ke tahapan tes berikutnya, nah pada Job Fair, beberapa perusahaan bahkan langsung melakukan interview di tempat. 

Kan keren!