Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik dan Benar

Mengetahui Trik dan Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik dan Benar

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik dan Benar


Yakin Anda tahu cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar? Hal ini sangat penting lho. Karena surat lamaran pekerjaan merupakan bentuk perwakilan diri Anda.  Ketika surat lamaran pekerjaan dikemas dengan baik, dan dapat diterima oleh instansi yang dituju, tentu akan menambah nilau jual diri Anda. untuk itu, ada beberapa unsur yang harus dipenuhi dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan. 

Dari strukturnya, surat lamaran pekerjaan terdiri dari kepala surat, tubuh atau isi, kemudian penutup. Ketiga unsur ini harus padat, informatif, dan jelas. Kepala surat terdiri dari tempat dan tanggal pembuatan surat, alamat perusahaan atau instansi atau perseorangan, dan salam pembuka. Bagian tubuh surat lamaran pekerjaan adalah intinya. Yang menerangkan tentang pembukaan, tujuan surat dibuat, identitas pelamar, dan data lampiran. Selanjutnya, yang terakhir adalah penutup surat, meliputi tanda tangan dan nama terang.  

Penggunaan bahasanya pun tergolong baku, yakni yang sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kata ganti diri menggunakan kata ‘saya’. Sebagai representasi diri pelamar, maka surat lamaran pekerjaan harus ditulis dengan rapi, jelas dan tak bertele-tele. Anda dapat menulis dengan tulisan tangan Anda sendiri, atau juga dapat diketik. Namun, apabila Anda memilih untuk menulisnya sendiri, pastikan tulisan Anda dapat dibaca dengan baik ya. 

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik dan Benar
 
Hal Penting Dalam Surat Lamaran Pekerjaan Yang Sering Dilewatkan

Tentang cara membuat surat lamaran yang baik dan benar, Ada beberapa hal penting, namun seringkali terlupa oleh para ‘Jobseeker’. Ternyata, mencantumkan posisi yang di inginkan dengan jelas dan terperinci adalah hal yang boleh terlewatkan. Ini masuk ke dalam bagian isi atau tubuh surat lamaran kerja. Anda tak perlu menulis panjang lebar. Cukup menerangkan posisi apa yang Anda incar, dengan kualifikasi diri yang mumpuni, dengan dibuktikan dengan data terlampir. 

Selain itu, apabila Anda memiliki pengalaman kerja, juga penting untuk disertakan lho. ini dapat menjadi bahan pertimbangan tersendiri. Dimana, seseorang yang memiliki pengalaman akan lebih diperhitungkan, apalagi dengan track record yang baik dan dari perusahaan yang bonafit.  Disamping pengalaman kerja, riwayat pendidikan juga tak kalah pentingnya. Anda wajib mencantumkan secara jelas dan terperingci riwayat pendidikan yang Anda tempuh. Gelar sarjana yang diperoleh dari universitas negeri atau swasta dengan akreditasi tinggi, tentu lebih menjual, bukan? 

Kemampuan lain atau keahlian lain yang Anda miliki juga dapat menjadi pertimbangan suatu instansi yang Anda tuju. Jangan segan untuk menyertakan keahlian lain Anda dalam surat lamaran pekerjaan ya. Anda juga perlu menyampaikan tentang dari mana Anda mendapatkan informasi lamaran pekerjaan tersebut. Nah, tentang asal informasi tersebut, dapat Anda cantumkan dalam paragraf awal ya. 

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik dan Benar
 
Lalu, surat lamaran pekerjaan yang Anda buat juga harus menerangkan kondisi kesehatan Anda. bahwa Anda saat ini sehat jasmani dan rohani. Meskipun terdengar sepele, namun ini sangat penting dan cukup menarik perhatian. Mengingat proses seleksi lamaran pekerjaan yang cukup menyita waktu, tentu membuat surat lamaran pekerjaan se-menarik mungkin adalah hal yang patut dilakukan. 

Untuk mengetahui cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar, Anda dapat menggali  beragam informasi dari banyak sumber. Perhatikan penulisan nama, alamat dan  gelar baik untuk Anda sebagai pelamar maupun petinggi perusahaan maupun instansi yang Anda tuju. Semua harus tepat ya! Selain surat lamaran kerja, juga ada daftar riwayat hidup atau CV yang selalu terlampir pada surat lamaran kerja Anda.

Berlangganan Info Loker terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel